Anda mempunyai pakaian outfit berbahan satin, tapi bingung cara perawatannya? Bagaiman merawat outfit berbahan satin itu yang benar? Ikutin tips berikut.

1. Pisahkan Sesuai Warna
Sepertinya ini adalah hal yang umum ketika sedang mencuci pakaian dengan bahan apapun termasuk berbahan satin. Yup, agar terhindar dari kelunturan, baiknya pisahkan pakaian sesuai dengan warna masing-masing, ya.

2. Gunakan Detergen Cair
Sepertinya sudah banyak kita temukan di supermarket detergen cair yang dikhususkan untuk pakaian berbahan satin maupun sutera. Jika kalian nggak memilikinya, bisa kok, membersihkan bahan satin dengan baby shampoo.

3. Dicuci dengan Tangan
Mencuci pakaian yang berbahan satin sebaiknya menggunakan tangan dan jangan menggunakan mesin cuci. Ketika mencucinya pun jangan mengucek satin secara berlebihan atau disikat, karena akan merusak pakaian.

4. Jangan Terlalu Lama Direndam
Pastinya kita selalu menginginkan pakaian wangi dan bersih. Namun, merendam bahan satin dengan detergen lebih dari lima menit ternyata nggak baik, lho. Selain dapat merusak serat pada satin, juga membuat warna memudar. Selain itu, kita juga harus memerhatikan suhu air ketika merendam. Jangan merendam satin dengan air bersuhu panas.

5. Jauhkan Dari Sinar Matahari
Setelah dicuci, jangan langsung menjemur pakaian berbahan satinmu di bawah sinar matahari langsung. Karena dapat membuat warna asli dari kain satin tersebut memudar. Jadi, cukup diangin-anginkan saja di tempat yang teduh.

6. Hindari Meyetrika dengan Suhu Panas
Pastinya menyetrika dengan suhu panas dapat membuat pakaian cepat lembut. Namun, berbeda dengan satin, karena harus disetrika dengan suhu medium atau cukup di-steam saja. Dan agar setrikaan nggak membekas, ketika menyetrika jangan lupa memberi kain sebagai alas terlebih dahulu.

7. Simpan di Tempat Sejuk
Setelah dicuci, dijemur dan disetrika, langkah terakhir adalah penyimpanan. Nah, kita harus memerhatikan suhu dalam lemari pakaian kita. Usahakan nggak lembap, karena satin sebaiknya disimpan di lemari yang kering dan sejuk.

Read previous post:
print-kain-hijab-scarf-bandung-2
Merawat Pakaian Dari Bahan Satin

Bagaimana merawat pakaian berbahan satin. Layaknya bahan pakaian halus lainnya, bahan satin juga memerlukan perawatan dan perhatian khusus. Karena bahan...

Close